-->

apa itu Operating System?

Pengertian Operating System (OS)


mungkin banyak orang yang sudah mendengar Sistem Operasi tapi tidak tau pengertiannya apa?

firmdroid


jadi sekarang saya akan bagikan sedikit pengetahuan tentang apa itu Sistem Operasi ?

  • Sistem operasi adalah perangkat lunak pada sistem komputer yang mengelola semua perangkat serta menjalankan aplikasi serta berfungsi untuk mengelola operasi-operasi dasar system.
  • Sistem Operasi adalah seperangkat program yang mengelola sumber daya perangkat keras komputer atau hardware, dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi perangkat lunak. 
  • Sistem Operasi adalah jenis yang paling penting dari perangkat lunak sistem dalam sistem komputer.

Sistem Operasi ditempatkan pada media penyimpanan dan di jalankan pada waktu komputer pertama dihidupkan.

Contoh Sistem Operasi :

1. Unix

Unix adalah sistem operasi tertua yang dibuat dan dioperasikan hanya menggunakan Text Mode artinya sistem tidak menampilkan mode grafis (gambar)
2. Apple Mac OS
Mac OS adalah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan bernama Apple yang didirikan oleh Steve Jobs, Mac OS merupakan OS berbayar yang dijual bersama dengan perangkat kerasnya.
Mac OS merupakan OS turunan Unix, versi Mac OS antara lain : Cheetah, Puma, Jaguar, Panther, Tiger, Leopard, Snow Leopard, Lion
3. Microsoft Windows
Windows adalah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan yang bernama Microsoft yang didirikan oleh Bill Gates, Windows merupakan OS yang diturunkan dari DOS (Disk Operating System)
Versi Microsoft Windows :
windows 95, 98, 2000, ME, XP, Vista, 7, 8
Sistem operasi windows merupakan sistem operasi berlisensi yang mengharuskan pemakainya harus membeli/ membayar lisensi tersebut
5. Android
Android adalah sistem operasi yang diturunkan dari linux awalnya dibuat oleh perusahaan yang bernama Android inc. yang akhirnya dibeli oleh perusahaan Google, Android merupakan sistem operasi yang digunakan pada perangkat mobile seperti : Smartphone, Tablet, Phablet, dsb.
Versi-versi Android : 1.0, 1.1, Cupcakes, Donut, Eclair, Froyo, Gingerbread, Honey Comb, Ice Cream Sandwich, Jelly Bean, Kitkat
Dasar Sistem Operasi biasanya diturunkan dari Sistem Operasi lain yang masih belum lengkap, penambahan yang dilakukan terutama untuk mempermudah pengguna Sistem Operasi tersebut misalnya ditambahkan fasilitas GUI (Graphical User Interface) sehingga yang semula Sistem Operasi tersebut hanya menampilkan Mode Text dapat menjadi Sistem Operasi yang mempunyai mode grafis

contohnya:


MS Windows adalah Sistem Operasi yang diturunkan dari DOS (Disk Operating System)
Linux adalah sistem operasi yang diturunkan dari Unix
Mac OS adalah sistem operasi yang diturunkan dari Unix
sekian yang bisa saya bagikan jika ada yg salah mohon benarkan saya,

semoga bermanfaat

No comments